Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Berfikir Negatif

Share on :
Pada suatu hari si Anu dipanggil atasannya untuk di serahi tugas baru membenahi form laporan penjualan yang sudah tidak layak dipakai seiring dengan bertambahnya item Produk.
Atasan melihat bahwa si Anu mampu membenahi karena kepandaiannya dalam mengoperasikan computer.
Alasan lain dari atasan adalah karena si Anu masih bujang sehingga waktunya cukup banyak tidak terganggu keluarga disamping juga mencoba kemampuannya agar kelak di kemudian hari kalau ada posisi yang lebih baik maka pilihan jatuh padanya.
Keluar ruangan si Anu merasa ada beban yang berat yang harus disandangnya,lantas dia berfikir “ Kenapa Harus Saya….? Kenapa bukan yang lain,Lha waktuku untuk nongkrong naongkrong hilang.Aduh ini kerja enggak ada fulusnya” dan macam macam pikiran keberatan yang timbul di dirinya.
Melihat temannya si Banu bertanya kenapa kok suntuk,lantas di jawab “ Ah Saya lagi di kerjain Bos,masak bikin Form Laporan harus saya…,emang gak ada yang lain…?”
Lalu si Banu menimpali “Lho bukannya itu bagus karena Bos percaya kamu dan kamu bisa belajar..?”
“ Percaya gimana lha kerjaan enggak ada fulusnya” jawab si Anu.
“ Ya udah aku bantuin “ si Banu menimpali lagi.
“ Jangan bantuin,kerjakan Kamu aja ya …entar aku beliin Rokok sama Coklat ke sukaan anakmu…..” sambung si Anu.
“ Ok setuju “ Jawab si Banu.
Dari percakapan diatas dapat di ambil beberapa hal pokok, yaitu bahwa si Anu merasa ada beban berat yang ada di pundaknya dengan memperoleh tambahan kerjaan baru.
Merasa bahwa tambahan pekerjaan itu akan membuatnya tidak nyaman,merasa ada waktu yang hilang,tidak mendapatkan tambahan penghasilan,berkorban pikiran dan tenaga serta ada kemerdekaan yang hilang darinya.
Sebaliknya si Banu merasa bahwa tambahan pekerjaan baru ini merupakan bentuk kepercayaan atasan kepada bawahan,sebagai wahana untuk belajar,serta tantangan yang mesti dihadapi.
Sekelumit contoh tersebut menyiratkan betapa dalam menyikapi suatu pekerjaan kadang pikiran pikiran negatif muncul sehingga yang ada adalah penolakan penolakan terhadap sesuatu yang sebenarnya postif.
Pikiran negatif itu muncul manakala bahwa apa yang akan kita kerjakan itu akan merenggut sesuatu yang ada dalam diri kita,menyakiti kita,memberatkan kita walaupun masih dalam taraf wacana.
Dengan demikian pikiran negatif itu muncul bukan karena berdasarkan fakta namun lebih karena belenggu psikologis yang ada pada diri kita.
Banyak hal yang menyebabkan timbulnya pikiran negatif ini namun yang paling menonjol adalah karena Historis,baik dari pengalaman Pribadi,ataupun karena pengalaman dari orang lain.
Sangat susah untuk keluar dari belenggu pikiran negatif ini ,diperlukan Extra Effort untuk melepasnya dan pihak luar dirinyapun (pimpinan,teman atau bawahannya) harus ikut membantu agar kesempatan kesempatan yang baik tidak akan terlepas percuma.
Sementara itu pikiran postif selalu berada dalam wacana bahwa sesuatu hal itu dapat diambil hikmahnya,tidak membahayakan dirinya,sebagai bentuk pembelajaran,serta akan memperluas wawasan.
Sungguh sesuatu yang kontradiktif antara cara berfikir positif dengan cara berfikir negatif.
Namun demikian belum tentu cara berfikir negatif itu salah,sebab kadang cara berfikir negative ini adalah merupakan mekanisme control alamiah terhadap segala kemungkinan.
Sebagai contoh misalnya kita punya seorang Salesman yang belum melakukan penyetoran uang tagihan ke kantor,sementara jatuh tempo tagihan sudah lewat beberapa hari.
Sebagai pimpinan kita wajib menanyakan kepada yang bersangkutan dan apabila jawaban kurang meyakinkan kita wajib berfikir “Jangan jangan dipakai si salesman untuk…..untuk itu perlu crosscheck.
Demikian pula halnya dengan berfikir positif.

Nah bagaimana pendapat Anda…?

4 comments on Berfikir Negatif :

The Ronald Stok & Partner said... 2:25 AM

Berfikir negatif lebih mudah daripada berfikir positif

ALBUMUSIK said... 2:26 AM

Setuju Pak Ronald....

The Bosskim said... 2:27 AM

Iya juga ya...

Latihan Soal UNAS/UAN 2003-2007 said... 5:36 AM

Siiiip