Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Tidak Mudah Menjadi Leader - Pemimpin Yang Ideal

Share on :
Dapat diterima oleh semua pihak adalah harapan yang di gantungkan seorang Pemimpin dalam menjalankan tugas sehari hari,baik owner,atasan ,atau sub ordinat sangat berharap bahwa goal yang di bebankan tercapai dengan mulus,clean dan clear.
Kenyataan dilapangan kadang berbanding terbalik dengan harapan ,sehingga menjadikan banyak pemimpin bimbang dalam menjalankan roda organisasi yang akhirnya salah arah.
Training telah di berikan perusahaan yang kadang bertubi tubi hilang seketika berganti “Intuisi Pribadi”,menurut “Style Pribadi” dan kadang “asal jadi” yang penting dapat membungkusnya dengan laporan indah bak karya Shakespeare .

Sebagai orang yang di percaya oleh perusahaan/organisasi dalam menjalankan roda organisasi/usaha diharapkan pemimpin memiliki sedikit lebih baik dari sub ordinatnya dalam kecerdasan intelektual ,emosional maupun dalam hal power.
Hal ini di karenakan tuntutan yang mengharuskan sang Pemimpin mampu menggerakan “expertise” anak buah ,menemukan orang orang yang kompeten ,mampu menjual mimpi mimpi yang realistis sekaligus mengorganisasikan team agar semua berjalan lancar.

Beban berat ini membuat banyak pemimpin yang kreatif melakukan inovasi inovasi dalam memecahkan problem,namun tidak jarang juga membiarkan problem berlarut larut tanpa solusi tergantung kapasitas dan kapabelitas serta kemauan Sang Pemimpin.

Pemimpin kreatif,disiplin dengan daya driven/power yang tinggi,memiliki “sensemaking” serta enterpreneurship yang tinggi kadang tidak dapat di terima oleh banyak pihak,terutama orang orang yang tidak se arah dengan pikirannya,baik itu sub ordinat,atasan bahkan owner sekalipun ,karena kadang dalam diri sang Pemimpin memilki rasa percaya diri yang mungkin kelewatan/over confidence,tidak mudah berkompromi terkesan arogan.
Pemimpin seperti ini memiliki dua kemungkinan besar bahwa memang yang bersangkutan memiliki kompetensi yang benar benar mumpuni dapat diandalkan,mampu memecahkan kebuntuan dan selalu Lead by Example.
Atau kemungkinan yang kedua adalah sekedar menutupi kekurangannya dalam hal skill dengan cara seolah olah mengerjakan pekerjaannya dengan cara kreatif,inovasi namun sebenarnya hanya ngomong doang alias no action talking only.

Pemimpin yang membiarkan persoalan berlarut larut tanpa tindakan apapun belum tentu disukai oleh sub ordinat,atasan maupun owner,karena jelas jelas bahwa apa yang seharusnya dilakukan dan menjadi tidak dilakukan sudah barang tentu merugikan semua pihak.

Pemimpin model seperti ini belum tentu tidak memiliki kapasitas atau kapabelitas namun lebih karena kemauan yang tidak ada,atau kemungkinan yang lain adalah memang benar benar tidak memiliki kompetensi sehingga tidak tahu apa yang musti di kerjakan.

Di tengah situasi pasar yang lesu akibat bergejolaknya situasi global kita berharap Pemimpin yang model pertama mampu memecahkan kebuntuan,mampu menggerakan organisasi,mampu membuat terobosan terobosan baru serta inovasi inovasi baru yang real,namun demikian acapkali stigma yang sudah kadung melekat dalam diri pribadinya menjadi penghalang dalam melakukan karyanya.

Diperlukan bungkus yang apik untuk mengemas gaya kepemimpinannya yang sangat powerful dengan lebih soft dengan tidak kehilangan citarasa kepemimpinannya yang tajam dan menggigit.
Untuk itu atasan dari sang Pemimpin musti berlaku bijak dengan memberikan bingkai bingkai yang jelas terarah dan terukur bukan malah menjadikan Trouble Maker.

Demikian pula sub ordinat perlu kiranya memberikan kritik kritik yang soft namun jelas, karena biasanya Pemimpin yang model ini mampu menangkap gejala gejala ketidakberesan sejak dini.

Akhirnya pilihan jatuh pada kita apakah kita perlu pemimpin yang tegas,kreatif,berani,innovative,mampu memecahkan persoalan,visioner,memiliki dedikasi atau sebaliknya …….? maka yang mampu menjawab adalah diri kita sendiri

Nah Bagaimana Pendapat Anda..?

4 comments on Tidak Mudah Menjadi Leader - Pemimpin Yang Ideal :

ALBUMUSIK said... 2:13 AM

Bener juga...I agree

Latihan Soal UNAS/UAN said... 5:20 AM

Begitulah Kalau orang malas

SOAL SD SMP SMU/SMK UNAS/UAN MATEMATIKA said... 9:20 AM

Pemimpin idealllll...adakah?

SOAL SD SMP SMU/SMK UNAS/UAN MATEMATIKA said... 9:22 AM

Apakah setara dengan Leadership level five