Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Disiplin - I

Share on :
Disiplin sebuah kata yang mengandung makna luas,sehari hari kita jumpai baik itu yang memiliki makna maupun yang hanya slogan saja.Dalam arti harfiah bisa saja berarti tepat waktu,sesuai role atau system,sesuai aturan main dan sebagainya.

Banyak aturan perusahaan yang salah satu fungsinya adalah penegakan disiplin,dalam perspektif dunia kerja serta dalam berkehidupan di masyarakat arti disiplin akan menjadi lebih komplek lagi.Antara satu departemen dengan departemen lain dalam satu perusahaan memaknai disiplin ini sering terjadi perbedaan bahkan tak jarang saling bertentangan.

Contoh sederhana dapat kita gambarkan dari persoalan sepele,misalnya saja Security yang berkewajiban untuk memastikan bahwa jam jam tertentu tidak boleh ada karyawan berada di ruangan kantor dengan alasan penghematan listrik Namun disisi lain karena mengejar deadline dan alasan lain Karyawan perlu melakukan lembur.Apabila masing masing pihak tidak mau saling mengerti maka akan terjadi konflik yang seharusnya tidak terjadi.

Contoh lain yang sederhana namun dapat menimbulkan masalah adalah semisal kita kedatangan pelanggan di waktu yang menurut kita tidak tepat maka akan menjadi persoalan bila cara kita menanganinya tidak bijaksana.

Sebuah pengorbanan akan melengkapi khasanah disiplin,Security berkorban dengan membiarkan karyawan lembur dengan kesepakatan kesepakatan dengan karyawan .

Kita akan berkorban menerima klien pada saat dimana keluarga menunggu dirumah untuk menikmati waktu luang.

Pelajaran yang dapat ditarik dari contoh kecil tersebut adalah Disiplin dapat disikapi dengan cara cara yang bijak demi tujuan utama.Disiplin memiliki batas batas toleransi,dengan tidak mengorbankan kepentingan pihak kita dan pihak lain.

Disiplin yang mengunakan baju uniformnya akan menimbulkan konflik,tidak produktif,tidak efisien dan sangat konservatif.Tidak demikian halnya dengan disiplin yang memilki toleransi dimana harapan yang muncul adalah tidak ada konflik,Produktifitas optimal,Efisien dan Moderat.

Disiplin memang mengharuskan kita melangkah sesuai role,aturan main,namun adakalanya sedikit keluar dari jalur,hal ini lumrah dan fakta menunjukan demikian.

Maka pilihan kita adalah apakah kita memakai standard disiplin dari kacamata uniform atau kacamata dari disiplin yang berorietasi pada Action.

0 comments on Disiplin - I :