Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Disiplin - II

Share on :
Sekian hari yang lalu Kami menerima Email dari Teman lama yang waktu itu sama sama bekerja di mana antara Kami dan Beliau adalah rekanan.Saat ini beliau telah pindah di tempat baru dengan Job yang baru dan sudah pasti dengan aturan main yang baru pula.

Emailnya Seperti berikut ini (Kami telah meminta ijin untuk memposting agar dapat di baca oleh pengunjung Blog ini) :


Dear simbahe sales,

Saya mau coba urun cerita, mungkin ada gunanya,beberapa waktu yang lalu saya mengikuti Outbond mengenai Develop the Teamwork, ada beberapa game yang dilaksanakan dalam acara tersebut.

Dari sekian banyak game yang dilaksanakan, ada salah satu game yang cukup membekas dalam diri saya, yaitu Business Game.

Dalam business game tersebut semua peserta dibagi dalam beberapa kelompok, ada marketing, treasury, produksi, quality control, accounting dan ada beberapa kelompok lagi yang saya tidak begitu hafal namanya yang prinsipnya semua bagian tersebut terlibat dalam proses produksi sampai produk tersebut diterima di tangan konsumen.

Pada sesi pertama, instruktur memberikan instruksi kepada masing-masing bagian untuk bekerja sesuai job description,dan setiap kelompok mulai bekerja sesuai job desc masing-masing dan bahkan terkesan saklak dengan aturan per bagian, hasil akhir penilaian masing-masing bagian telah bekerja 100% sesuai dengan job desc.

Tetapi pemenuhan target permintaan customer hanya terpenuhi 33% saja,keseluruhan waktu yang dibutuhkan dalam sesi pertama ini kurang lebih 2 jam.

Kemudian instruktur mengarahkan kita untuk menganalisa kegagalan tersebut,hasil akhir disepakati bahwa kita semua bagian mulai bekerja tidak hanya berdasar job desc semata tetapi lebih diorientasikan kepada kebutuhan customer.

Sesi kedua dimulai lagi dengan dasar pemikiran yang sudah berbeda, yaitu customer oriented dengan tidak melanggar job description masing-masing,dalam sesi kedua ini sudah mulai terasa ada fleksibilitas dari masing-masing bagian, walau itu tidak terlalu melenceng jauh dari job description masing-masing, karena semua merasa bertanggungjawab memenuhi kebutuhan customer.

Dan hasil akhirnya sangat luar biasa, pemenuhan terhadap kebutuhan customer mencapai 100% dalam waktu hanya 30 menit.

Disini terasa sekali efektifitasnya sangat tinggi dari semua hal, meliputi biaya, tenaga, pikiran dan waktu.

Dengan pengalaman itu saya menarik kesimpulan bahwa, utamanya bekerja, apalagi dalam bidang jasa adalah customer need bukan sekedar job description semata,jadi, adakalanya aturan-aturan ataupun SOP bisa memiliki tingkat fleksibilitas juga pada level masih pada batas dapat dipertanggungjawabkan, terutama dalam menyesuaikan permasalahan yang ditimbul dilapangan.

Dan untuk hal ini diperlukan orang-orang pemegang kendali yang memiliki kebijaksanaan dan improvisasi dalam mensikapi SOP yang memang dibuat cenderung kaku oleh suatu perusahaan.

Demikian sedikit tulisan dari saya, semoga ada manfaatnya dan sukses buat team salesmanjogja1.

Best Regards,



PALGUNO KRISNADI


Menurut hemat kami tulisan diatas adalah testimoni yang sangat valid yang didasarkan pada suatu simulasi sistem kerja atau atau biasa kita menyebutnya SOP (Standart Operating Procedure).

Pada kebanyakan perusahaan besar dengan Struktur organisasi yang bertingkat tingkat dan berlapis lapis biasanya memang terjadi perbedaan dalam menyikapi pekerjaan (baca SOP),hal ini tidak saja ada pada individu bahkan kadang sampai antar departemen.

Dengan masing masing berpegang pada SOP yang kaku tidak jarang justru menimbulkan birokrasi yang bertele tele,tidak efisien dan akhirnya Goal target tidak optimal.

Saya setuju dengan tulisan ( e-mail) diatas bahwa memang diperlukan Leader yang mampu membaca situasi dalam mengeksekusi SOP ditengah kompetisi yang semakin hari semakin ketat.

Dan untuk itu kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya telah menyumbangkan pemikiran demi kemajuan kita bersama.


Salam hangat dari kami.


Nah Bagaimana Pendapat Anda..?

2 comments on Disiplin - II :

The Andy site said... 10:28 AM

koq lihat dolar yang didapat ngga ketemu ya??suwun...

ardik purwadi said... 9:38 PM

Customer merupakan element yg terpenting dibidang jasa...seperti halnya artis tidak ada penggemar seorang artis bukanlah siapa2....Nah kembali lagi ke SOP sebuah Sop dibuat agar system kerja suatu perusahaan berjalan dgn baik dan mempunyai aturan yg membuat semua SDM didalamnya mematuhinya....Tetapi kembali lagi disaat darurat apa lagi menyangkut dengan Customer...saya setuju dgn pendapat diatas....1 berita jelek yg dibawa customer kemedia akan membuat citra perusahaan berkurang....Terima Kasih Salam Sukses.......Ardik Apregio