Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Mengembangkan SDM (Idealisme Vs Kebutuhan)

Share on :
Tersebutlah kisah seorang Pelatih sangat andal ,saking andalnya apapun yang dilatihnya dapat menjadi seperti yang diinginkannya.

Kesohoran itu didengar Raja Negeri seberang ,yang memilki tiga ekor piaraan yaitu Kera,Angsa dan Kambing.

Raja sangat sayang kepada piaraannya itu sehingga berniat untuk menyerahkannya kepada Sang Pelatih agar Kera dapat dilatih untuk bisa terbang,Angsa dilatih untuk bisa memanjat Pohon dan Kambing dapat dilatih untuk bisa menyelam di air.

Maka diutuslah Hulubalang menyerahkan ketiga Makhluk tersebut ke Sang Pelatih untuk dilatih terbang,memanjat pohon dan menyelam dalam air.

Waktu berganti tahun berlalu Raja berangkat sendiri menjemput ke tiga piaraannya dengan harapan berbunga bunga, namun apa lacur justru yang terjadi Kera kakinya patah ,Angsa sayapnya patah dan kambing menjadi kurus kering .

Pelajaran apa yang dapat kita tarik dari sepenggal cerita tersebut , ternyata bahwa melatih mengembangkan Sumber Daya musti memperhatikan minat bakat dan talenta.

Namun tunggu dulu ,cerita tersebut berlatar belakang melatih Makhluk yang notabene hanya memilki naluri ,bukan Makhluk yang memiliki,Pikiran,Perasaan, daya kreatifitas ,keinginan yang kita miliki.

Maka menjadi sangat aneh apabila cerita tersebut menjadikan pembenaran bahwa Melatih dan Mengembangkan Sumber Daya lebih bertumpu pada Minat,Bakat atau Talenta Sebab pada kenyataanya Job atau Pekerjaan kadang tidak sejalan dengan minat bakat,banyak lulusan ilmu Pendidikan justru terjun di Perbankan atau dunia kerja yang lain dan atau bahkan sebaliknya.

Sudah barang tentu Perusahaan tidak akan melatih SDM tersebut dengan Hal hal yang terkait dengan Dunia Pendidikan yang menjadi latar belakang Karyawan…terlalu naïf bila melakukannya.

Dengan demikian Pelatihan SDM lebih bertumpu pada Kebutuhan dari pada sekedar Minat Bakat,bahwa mungkin Perusahaanya melakukan Pelatihan Pengembangan berdasarkan minat bakat hal itu harus kita cermati sebagai bentuk Reward.

Ada dua sisi dalam pelatihan pengembangan orang yang pertama dan utama adalah Pelatihan berdasarkan Kebutuhan perorangan,perusahaan,yang kedua berdasarkan Talenta Minat dan Bakat.

Bagaimana Pendapat Anda…?

1 comments:

Omong Kosong said... 10:19 AM

Ya Susah dong