Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Uang Receh Yang Sangat Penting - Part II

Share on :
Seperti yang telah saya posting sebelumnya tentang Uang Receh Yang Sangat Penting Part I , Untuk Kali ini saya akan membahas tentang philosophynya mengapa kita perlu perhatian terhadap hal hal sepele dalam hal ini adalah uang Go Cap , Cepek yang kelihatan sepele namun mampu membangkrutkan suatu usaha ( Usaha Kecil Menengah)

Philosophy yang kita ambil dari Uang Receh Yang Sangat Penting ini adalah :

1.Disiplin
2.Teliti
3.Berkesinambungan/Kontinyu
4.Kerjasama Team

Disiplin dalam memonitor setiap uang masuk dan uang keluar walau hanya katakanlah lima puluh rupiah menjadi hal utama yang kita perlu perhatikan.
Banyak Contoh Perusahaan menengah kecil yang karena "abai" terhadap hal ini "ujug ujug" terjadi kerugian sekian juta padahal semua ini tidak terasa.
Tumpukan kehilangan sekian rupiah kalau hal ini berlangsung bertahun tahun akan terasa akibatnya.

Teliti terhadap hitung hitungan uang receh yang kita keluarkan ataupun yang kita dapat menjadi sangat vital ,betapa tidak bagaimana jadinya andai kita jualan produk dengan margin yang sangat tipis namun kita lupa bahwa harusnya dijual sedikit lebih tinggi dari harga kulakan/beli namun karena lupa dijual dengan harga sama atau lebih rendah ya...rugi dong..!!
Kelihatannya dibulan pertama tidak terasa toh cuma rugi go cap..namun setahun kemudian Anda akan merasa akibatnya.
Dalam memanage uang receh ini tidak boleh angot angotan, hari ini disiplin dan teliti,besok enggak ,besoknya lagi disiplin, besoknya lagi enggak...ya akhirya Jas bukak iket blangkon ,Sama juga sami mawon,...alias hangat hangat tembelek ayam.
Hasilnya pun bisa diduga..Tuna ..alias merugi, untuk itu disiplin dan teliti yang berkesinambungan / Kontinyuitas menjadi hal yang penting pula.

Sejujurnya saja kerugian oleh sebab uang receh ini sudah banyak disadari kita semua hanya saja karena perhatian kita kadang lebih ke hal yang besar atau lebih menguntungkan maka kita jadi cuek saja.
Untuk itu niat Fokus ke hal yang remeh temeh sudah selayaknya di beri waktu tersendiri.
Menjadi lebih berarti andai seluruh Anggota organisasi meluangkan waktu tenaga pikiran untuk hal hal yang remeh ini.

Sebagai ilustrasi :

Dari buku L Y Wiranaga disitu di ceritakan bahwa ada Ibu ibu yang sudah Sepuh/Tua yang setiap tahun bepergian ke luar negeri hanya karena sewaktu muda sampai tuanya selalu menyisihkan sisa uang belanja...ouw luar biasa...khan..?
Namun disatu sisi banyak distributor lokal produk kebutuhan rumah tangga,Supermarket,Minimarket,Toko,Warung,Rombong rokok yang bangkrut gara gara tidak memperhatikan uang receh ( walau itu bukan satu satunya faktor),

Seperti janji saya ...pada postingan kali ini harusnya saya posting cara untuk mengatasi masalah uang receh tersebut namun demikian malah saya posting philosophynya...hal ini lebih karena sebelum kita melakukan tindakan kita perlu tahu motif atau philosophy sebuah permasalahan
Sedangkan untuk Worksheet Uang Receh Yang Sangat Penting ini...nantikan lanjutannya di UANG RECEH YANG SANGAT PENTING PART III


9 comments on Uang Receh Yang Sangat Penting - Part II :

Gelandangan said... 8:22 AM

wahhh ada bacaan uang recehnya :D
bagi dunk :D
salam kenal yah

sawali tuhusetya said... 4:45 AM

memang beda antara orang yang bergerak di bidang manajemen pemasaran dg guru, hiks. selama ini saya sangat abai terhadap uang receh seperti itu. wah, ternyata sesuatu yang besar mesti diawali dari yang kecil2 dulu. matur nuwun, mas.

langitjiwa said... 5:49 AM

selamat malam,dan salam kenal dari sidoarjo,mas.
salamku,
langitjiwa.

langitjiwa said... 5:50 AM

selamat malam,
dan salam kenal selalu dariku;langitjiwa,di Sidoarjo.

elly.s said... 2:56 PM

iya uang receh suka berjatuhan kemana2 n didiemin ajah...

Yari NK said... 3:50 PM

Uang receh terkadang perlu, tetapi kalau terlalu banyak terkadang suka membuat dompet jadi berat. Walaupun berat secara 'kilogram' tetapi tetap ringan dalam 'daya beli'. Huehehe.....

Ersis WA said... 7:19 AM

Uang receh? Sangat penting disaat yang tepat.

Simb.Sal said... 6:03 AM

Terimakasih atas kunjungannya Buat

1.Gelandangan : Salam Kenal Juga
2.Mas Sawali Yang tulisan tulisannya sering saya jadikan referensi.
3.Langit Jiwa : Saya sangat tersentuh Membaca Tulisan Anda
4.Mbak Elly : Yang Pantas Saya jadikan Contoh untuk mendidik Putra Kami
5.Mas Yari Nk : Yang tulisannya selalu ada yang baru dan Memukau
6.Pak Ersis :Yang Saya ingin belajar banyak dari Beliau.

Sekali lagi terimakasih

Marshmallow said... 6:47 AM

mungkin ini analogi yang lebih tepat untuk menunjukkan pentingnya menghargai uang receh, dibandingkan contoh-contoh di tulisan pertama. hehe.

maaf, mas. saya memang suka sok tau nih.