Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Sikap orang orang Sales dan Marketing -Menghadapi Krisis Ekonomi

Share on :
Ekonom Politikus Pengusaha Pemerintah Kolumnis Editor majalah dan Koran tidak ketinggalan pula Blogger dan ahli nujum memprediksikan ekonomi tahun 2009 beragam
Pendapat mereka beragam pula namun demikian rata rata beranggapan bahwa Ekonomi kita di tahun 2009 Suram.
Sebuah sikap pesimistikah atau memang demikian adanya mengingat besaran besaran ekonomi yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi global yang melambat seperti diberitakan kompas sedang terjadi.

Bahkan IMF berkali kali mengkoreksi prediksi pertumbuhan ekonomi hanya selang beberapa bulan saja oleh karena semakin memburuknya situasi ekonomi dunia.

Kondisi ini sangat mempengaruhi terhadap perekonomian Indonesia ,karena biasanya begitu terjadi kontraksi ekonomi di belahan dunia lain maka akan terjadi efek di belahan yang lain pula .
Menurut Pemerintah yang diberitakan di Harian Kompas sebenarnya Indonesia memprediksi pertumbuhan 7% di tahun 2009 namun akibat krisis global terkoreksi menjadi antara 4,5% - 5,5%.

Dengan mengacu BPS bahwa setiap pertumbuhan ekonomi sebesar 1% akan terjadi penyerapan lapangan kerja baru sejumlah 702.000 ,maka dengan kontraksi pertumbuhan kira kira 2% maka paling tidak ada 1,4 juta tenaga kerja yang tidak terserap.

Sikap pengusaha yang diwakili Ketua Apindo mengatakan bahwa perekonomian Indonesia adalah penuh dengan teka teki kemungkinan sikap ini didasari oleh Optimisnya Pemerintah dengan berani menurunkan Harga Minyak dan Kemungkinan Stimulus stimulus ekonomi yang segera dan akan diluncurkan pemerintah menghadapi sakitnya ekonomi dunia.

Disisi lain perekonomian dunia yang dimotori Amerika Serikat tidak kunjung membaik walaupun ada rencana untuk menolong dengan mengguyurkan uang senilai 700-900 milyard dollar AS seperti di beritakan Vibiznews,bahkan juga diberitakan perekonomian baru akan mulai membaik pada kwartal tiga 2009.

Sikap keraguan dan penuh teka teki ini juga karena akan adanya peristiwa politik ditahun 2009 ini dimana Pemilu Parlemen dan Presiden akan berlansung ,karena biasanya peristiwa politik ini membawa dampak ekonomi langsung maupun tidak langsung .

Pertanyaanya adalah bagaimana perilaku kami sebagai Tenaga Sales dan atau Marketing menghadapi prediksi prediksi yang membuat hati miris dan pilu.
Ada beberapa hal yang mungkin patut diungkapkan disini yang mungkin sehari hari telah kami lakukan dan laksanakan baik sudah terungkap maupun masih dalam wacana.

1.Optimis

Orang orang Sales dan Marketing selalu diajarkan untuk selalu optimis dalam tindakan sehari hari , kami selalu yakin bisa melampau badai ekonomi sekeras apapun karena kalau tidak maka kami akan terlempar dari jejaring organisasi yang ada
Hari kehari setting goal yang optimis serta rasional selalu ditargetkan guna sebagai acuan untuk melangkah

2.Solusi

Kami diajarkan untuk tidak mengeluh menyikapi keadaan yang ada ,namun kami diajarkan untuk mencari solusi mengeksplorasi bagaimana memecahkan persoalan sekecil apapun karena barangkali itulah jawabannya.
Solusi selalu mempertimbangkan dampak kedepan agar solusi yang telah kita ambil memilki resiko seminimal mungkin.

3.Sharing

Kami diajarkan untuk selalu Sharing dengan anggota lain serta menimba Ilmu dari yang lebih mampu karena buat kami senioritas bukan jaminan bahwa yang bersangkutan mampu.
Kadang dalam sharing anggota yunior dapat memberikan masukan ide ide segar karena kami yakin bahwa pasar adalah dinamis sehingga pemikiran yang fresh dan membumi akan lebih bermakna daripada pemikiran yang konstan dan Safety.

4.Kooperatif

Sikap kooperatif atau kerjasama adalah bagian yang tak terpisahkan dalam organisasi Sales dan Marketing baik itu untuk maupun external.
Sikap kooperatif ini akan menjamin keberlangsungan proses menuju setting goal berupa target menjadi lebih mudah tidak berbelit belit birokratif karena bagian satu dengan bagian lain bekerjasama saling mendukung .
Di internal sikap kooperatif menjadikan proses berlangsung mudah dan cepat sementara itu untuk external menjadikan kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction meningkat.

5.Disiplin

Dalam menjalankan tugas Team Sales dan Marketing selalu menekankan sikap disiplin yang sesungguhnya,bukan disiplin semu yang tidak ada hasilnya.
Disiplin disini artinya adalah disiplin action bukan disiplin yang terbelenggu ruang dan waktu,disiplin yang mengacu pada proses dan hasil,bukan disiplin yang karena takut terhadap punishment.

6.Sikap Mental Positip

Kita selalu diajarkan agar memiliki sikap mental positip dalam memandang segala hal,menjauhi hal hal yang berkaitan dengan tindak pidana kriminal semacam Korupsi,Pencurian,Penyalahgunaan wewenang.
Memberikan masukan ke organisasi dengan masukan konstruktif bukan destruktif,memberikan pandangan bukan menghujat,memberikan alternatif pilihan bukan mencibir atau mencemooh,memberikan penghargaan bukan menghina.

7.Kreatif dan Inovatif

Selalu ada celah untuk mengatasi keadaan sulit untuk itu diperlukan kreatifitas inovasi dengan cara menggali potensi diri self improvement Stretching dengan cara belajar dari berbagai sumber untuk menjadikan diri dan organisasi kreatif.Belajar dari kesalahan kesalahan belajar dari kesuksesan kesuksesan serta belajar dari situasi (bahkan pesaing) amat penting .Proses kreatif akan muncul dengan sendirinya bila kita terbiasa belajar kemudian mencobanya,bukankah Stephen R. Covey dalam bukunya yang terkenal "The 7 Habits of Highly Effective People" mengajarkan demikian.

8.Profesional

Profesional disini diartikan bahwa pekerjaan atau tanggung jawab masing masing anggota organisasi mesti dapat dapat diselesaikan dengan tepat waktu,clear,clean dan optimal.Andaikata besok pagi akan move ke tempat lain maka selayaknya beban serta tanggungjawabnya mesti harus sudah tuntas.Menunda nunda pekerjaan fatal akibatnya karena proses pasti akan terhambat dan goal yang manis tidak akan pernah tercipta.

Dengan delapan sikap yang tertanam didada setiap tenaga sales dan marketing (harusnya setiap insan di negeri ini) dimudah mudahan krisis global regional maupun nasional yang saat ini menghantui banyak pihak dapat kita lalui dengan aman dan nyaman.

Kita yakin bahwa krisis ini pasti akan menerjang walaupun dengan skala yang berbeda beda di setiap negara,suka tidak suka akan menghantam juga ke Negara tercinta ini baik dalam bentuk badai yang besar maupun hanya riak yang kecil.Saatnya kita tunjukan pada dunia bahwa Kita adalah Bangsa yang kuat menghadapi krisis,saatnya kita keluar dari Comfort Zone menyongsong amuk krisis ,saatnya kita memiliki cara kerja cara fikir yang "Outside The Box",mudah mudahan kita aman melewatinya.


4 comments on Sikap orang orang Sales dan Marketing -Menghadapi Krisis Ekonomi :

boyin said... 1:29 AM

Ayo jangan patah para salesman!! dulu soalnya aku juga bekas sales lho..sales citibank..

Yari NK said... 7:53 PM

Kita pernah mengalami krisis yang jauh lebih hebat 10 tahun yang lalu. Apakah hal tersebut tidak cukup bagi kita untuk belajar dari pengalaman tersebut????

sawali tuhusetya said... 7:42 AM

krisis global memang sudah bukan ancaman lagi, mas, tapi bener2 sdh memakan banyak korban. semoga saja krisis global itu segera berlalu.

romie said... 7:05 PM

maju terus wahai salesman! kita bisa!

salam,

romie
www.engineeringtown.com