Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Pengalaman atau Pengetahuan....?

Share on :
Beberapa waktu yang lalu kami mengikuti Seminar tentang Pemberdayaan Team Sales yang Efektif,kami terkagum kagum dengan pembicara yang dengan semangat antusias tinggi memberi contoh contoh gamblang hingga seakan akan contoh itu dapat segera di implementasikan di lapangan

Namun demikian salah seorang dari kami kelihatannya kurang tertarik dengan acara tersebut ,kami mencoba menanyakan apa gerangan yang membuatnya kurang antusias.
Usut punya usut ternyata kawan kami tersebut membaca biografi yang tercantum di makalah dan menemukan bahwa sang pembicara belum pernah sekalipun mendaki karier dari posisi paling bawah dalam suatu perusahaan.
Semua pengalaman yang didapat hanya dari bangku sekolah dan bangku kuliah di luar negeri tanpa pernah sekalipun mengenyam sakitnya penderitaan menjadi karyawan ujung tombak.

Sepulang dari menghadiri seminar kami sempat membicarakan masalah ini dan terjadi adu argumentasi yang lumayan hangat walaupun semua menyadari bahwa perbedaan padangan adalah syah syah saja mengingat perbedaan justru akan memberikan warna yang indah.

Kawan kami yang lain berpendapat bahwa menjadi seorang Trainer atau Pembicara tidaklah harus berpengalaman di lapangan cukup memiliki pengetahuan yang memadai dan mampu mengartikulasikan ke audience.
Buat kawan kami ini (berpendapat) pengalaman yang cukup banyak tidak ada gunanya bila tidak mampu mengartikulasikan serta menularkan ke orang lain.

Disinilah titik perdebatan yang seru diantara Kawan kami ini dimana yang satu melihat dari sudut pandang Pengalaman sementara yang lain melihat dari sudut pandang Pengetahuan.
Menjadi menarik lagi perdebatan itu manakala masing masing mengeluarkan referensi referensi serta contoh contoh yang aktual.

Dari perdebatan kawan kami itu saya mengambil pelajaran menarik bahwa ada kalanya seseorang mampu mengerjakan pekerjaan yang belum pernah di kerjakan di waktu lampau namun yang bersangkutan ternyata dapat menuntaskan pekerjaan itu sebaik baiknya.
Faktor yang membuat mampu mengerjakan ini barangkali adalah pola pikir serta pengetahuan yang didapat dari bangku sekolah (kuliah) dan yang bersangkutan mau beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Pembelajaran terus menerus juga membuat ketrampilan seseorang menjadi terasah dan tajam.

Bahwa pengalaman adalah guru yang baik tidaklah dapat kita pungkiri,pengalaman memulai karier dari bawah yang beranjak setahap demi setahap kemudian menduduki posisi yang lebih baik akan menjadi sesuatu yang bermakna dalam hidup.

Berangkat dari topik Pengalaman atau Pengetahuan diatas ,kita semua sekarang menyadari bahwa untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi banyak perusahaan (dan di Pemerintahan) yang mensyaratkan tidak hanya pengalaman yang luas namun juga pengetahuan (Pendidikan) yang tinggi pula.

Syarat itu tentunya bukan sesuatu yang muluk muluk,megingat kompetisi diluar sana yang sudah demikian hebatnya sehingga menuntut orang untuk selalu siap dengan berbagai keadaan.
Bagaimana jadinya bila intitusi kita hanya diisi oleh sumberdaya yang asal ada saja tanpa jam terbang tinggi (Berpengalaman )dan tidak memiliki pola pikir yang baik (Pengetahuan), ini bukan menyangkut diskriminasi namun semata mata menyangkut produktifitas.

Bahwa sekarang ini Departemen HRD selalu mengeluh Banyak Sumber Daya namun Tidak ada Sumber Daya memang demikianlah adanya.
Menjadi PR kita bersama untuk memberikan peluang ke pada mereka yang memiliki semangat maju agar dapat memiliki Pengalaman dan Pengetahuan Yang tinggi sehingga Budaya Kinerja Tinggi akan selalu menggelora.

4 comments on Pengalaman atau Pengetahuan....? :

Anonymous said... 8:41 AM

Thanks atas pencerahannya.

Anonymous said... 8:41 AM

Thanks atas pencerahannya.

abdee said... 11:23 PM

Kadang pengalaman lebih penting daripada pengetahuan. Karena dalam pengalaman, kita lkadang mendapat pengetahuan secara langsung.

BOSSKIM said... 9:09 AM

yes!!saya sangat setuju sekali dengan tulisan diatas,,,,pengalaman memang sangat penting sekali dalam kita menjalankan suatu pekerjaan,,,apalagi untuk pekerjaan di lapangan (sales/marketing).banyak sekali permasalahan yang kita hadapi dilapangan.kerja keras bukan jaminan kita untuk meraih sukses.inisiatif,kreatifitas,pengetahuan yang memadai kunci utama kita untuk menuju sukses sebagai sales/marketing yang handal....pengalaman dan pengetahuan harus sejalan,,,walau kadang banyak sekali hambatan yang kita hadapi...KEEP THE SPIRIT !!!

LOVE AND RESPECT !!!!