Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Restrukturisasi Organisasi

Share on :
Pada masa perekonomian sedang tumbuh dengan growth diatas dua digit dan tingkat inflasi diangka satu digit berdampak pada ekonomi mikro dimana Banyak perusahaan yang mampu membukukan laba bersih sangat significant.

Biasanya pada masa masa itu Perusahaan melakukan ekspansi pasar dengan menambah jaringan pemasaran,menambah sumberdaya,menambah kapasitas produksi pabrik,melakukan atraksi marketing besar besaran dengan tujuan utama Growth Pendapatan
Perusahaan melakukan promosi promosi jabatan pada Karyawan yang dianggap berprestasi dengan segudang titel jabatan yang sudah barang tentu hal itu layak bagi yang memang benar benar berprestasi dan teruji.
Kadang kadang terasa aneh ada jabatan tertentu yang di luar pakem (di ada adakan) mengingat akan jasa dan kedekatan dengan Bigboss sehingga menimbulkan tanda tanya besar dari anggota dan biasanya dalih yang diambil adalah "sebagai langkah antisipasi pasar kedepan diperlukan jabatan itu".

Persoalan itu sebenarnya sah sah saja mengingat Perusahaan yang baik sudah sepantasnya melakukan Rewards And Punishment bagi karyawan yang berprestasi maupun karyawan yang tidak layak karena tidak produktif.
Namun demikian pada masa masa sulit seperti ini persoalan tersebut akan menjadi blunder mengingat Cost Ratio per Orang akan menjadi membengkak oleh karena Pendapatan menurun , biaya biaya membengkak sementara itu biaya tetap harus dibayarkan.

Langkah bijak apa yang harus dilakukan apabila Perusahaan menemui masalah tersebut,pertayaan itulah yang selalu dilontarkan oleh banyak kalangan dari mulai akademisi sampai seorang praktisi.
Pertama tama langkah yang harus diambil adalah memangkas biaya biaya yang tidak terlalu penting semisal biaya perjalanan dinas yang tidak penting biaya pemakaian telephone pemakaian listrik alat alat kantor dan sebagainya.
Kedua efektifkan biaya promosi (yang pada masa ekonomi bagus teralu jor joran) dengan cara pilah dan pilih media yang efektif saja.
Ketiga adalah Restrukturisasi Organisasi yang dilakukan dengan cara yang Smart dan Bijaksana.

Restrukturisasi Organisasi ini sebenarnya sangatlah penting dibanding dengan langkah pertama dan kedua ,mengingat Restrukturisasi ini menyangkut Manusia dengan keluarga dibelakangnya.
Faktor kehati hatian sangatlah mendominasi dalam mengambil kebijakan restrukturisasi ini.
Beberapa Tips untuk melakukan restrukturisasi ini barangkali akan menolong kita semua dalam mengatasi krisis di Perusahaan.

1.Sebisa mungkin hindari kebijakan Pemutusan Hubungan Kerja mengingat hal ini akan menimbulkan efek yang luar biasa dari Sisi Image Perusahaan maupun dari sisi Psikologis dan Motivasi Para Pekerja.
2.Ajaklah Para Pegawai All Level untuk membicarakan masalah Perusahaan dalam rangka menghindari kebangkrutan perusahaan dan sebisa mungkin minta dukungan dari mereka agar secara bersama sama dapat memikirkan langkah langkah yang harus diambil.
Cara ini biasanya sangatlah sulit mengingat diantara karyawan terutama yang mungkin pernah sakit hati akan melakukan Provokasi kepada rekan rekannya untuk melakukan sesuatu yang kontraproduktif.
Bila hal itu terjadi ajak berbicara baik baik dan tawarkan kerjasama lagi atau diberi pesangon yang layak.
3.Pangkas jabatan jabatan yang seharusnya dapat di kerjakan oleh satu orang namun saat ini di kerjakan oleh dua orang atau lebih.
Sebagai contoh misalnya dalam perusahaan itu ada Departement Sumber daya dan Departement Logistik ,barangkali dalam situasi normal hal itu bisa dipegang oleh dua orang namun dalam situasi kritis satu orangpun sangat cukup.
Pejabat lama yang telah di lebur lebih dipergunakan sebagai operation bukan sebagai pejabat dimana Filosophynya adalah Komando dalam satu orang.
Contoh lain adalah apabila dalam satu kantor cabang Pemasaran ada dua orang pejabat yang sama sama bertanggung jawab terhadap tugas yang sama walaupun Channel Tugasnya berbeda leburlah jadi satu pejabat saja.
Hal ini untuk menghindari Friksi dilapangan yang akan berakibat tujuan penjualan secara Nasional tidak tercapai.
4.Buat Struktur organisasi yang ramping bukan yang gemuk dimana karyawan ujung tombak diperbanyak sementara jabatan jabatan diatas Penyelia dikurangi.
5.Berdayakan setiap karyawan dengan tanggungjawab yang optimal.
6.Pilih Manager yang andal yang mau bekerja keras turun ke lapangan memiliki intuisi bisnis yang tajam memiliki jiwa enterpreneurship namun memiliki hati yang mulia.

Barangkali itu yang akan menolong Perusahaan dari kebangkrutan dalam situasi yang teramat kitis ini.



3 comments on Restrukturisasi Organisasi :

BISNIS DENGAN KEJUJURAN said... 3:19 AM

SALAM KENAL

DAN SALAM SUKSES BLOGGER INDONESIA.

SEMOGA KESUKSESAN SELALU

MENYERTAI KITA SEMUA.

TERUTAMA BUAT OWNERNYA….

mohsin said... 12:59 AM

Very Good Post
www.mnewsalert.blogspot.com
www.supirscience.blogspot.com

Sim Sal said... 1:49 AM

Terimakasih atas apresiasinya dan selamat berkarya untuk bangsa tercinta.
Mari Budayakan Kinerja Tinggi