Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Pilih SEO atau SMO (Social Media Optimization)

Share on :
Perdebatan mengenai SEO atau SMO (Social Media Optimization) untuk menaikan trafik pengunjung di Web atau Blog menjadi begitu menarik manakala saat ini Google telah meluncurkan Google Panda di akhir Februari 2011 kemarin.
Mengapa demikian hal itu tak lebih karena banyak situs situs atau blog blog yang tidak bermanfaat tidak bermutu tinggi justru berada di posisi teratas hasil pencarian.(Waduh kayaknya blog ini juga enggak ada manfaatnya...siap siap di pangkas dari Search Engine nih )

Lho memangnya ada apa dengan Google Panda dan SEO serta SMO, nah kira kira begini ya prend :
Di jagad per Web-an atau per blog-an ternyata banyak yang melakukan peternakan kontent atawa bahasa kerennya adalah Content Farm yang mana peternakan kontent ini dikerjakan oleh sejumlah besar penulis profesional ( bisa jadi penulis lepas )untuk menghasilkan sejumlah besar konten teks yang dirancang khusus untuk memenuhi algoritma pencarian secara maksimal oleh mesin pencari.
Makanya jangan heran bila Anda adalah Blogger Newbie seperti saya ini tiba tiba ada ide untuk menulis sesuatu yang orisinil namun tidak ter-index ataupun tidak berada dalam hasil pencarian maka mungkin saja ide anda tersebut sudah di tulis atau sedang di copy paste ( idenya) oleh Peternakan Content tersebut.
Disamping Peternakan Content ada juga yang di sebut dengan Auto Generate Content Atau sering juga di sebut AGC.
Nah apalagi itu ...? Auto Generate Content adalah sebuah upaya untuk mengisi dan membuat halaman situs dengan cara otomatis, Biasanya Konten Di ambil dari Google Api, Yahoo Api, Bing Api.....(Wow kok bisa gitu ya...kalau ini jangan ditanyakan ke daku dech tanya saja ama pembuatnya)

Lho apa hubungannya....?ya situs situs seperti itulah yang nantinya akan dipangkas oleh Google Panda.Perubahan tersebut diperkirakan memengaruhi sekitar 12% (hampir satu dari setiap delapan) permintaan pencarian di Amerika Serikat Ke depannya, formula baru ini juga akan diperkenalkan di bagian dunia lain.

Sementara itu sadar atau tidak kita dalam menulis oleh karena mood yang tidak baik bisa saja asal nulis ( Seperti tulisan ini) yang mungkin jauh dari mutu yang diharapkan Google Panda.
Sadar atau tidak kadang ide yang kita tulis sama dengan Blogger lain di belahan bumi yang kita tidak tahu.
Apakah posting kita ini akan menjadi sasaran Google Panda..( Jujur saja saya tidak tahu jawabnya)

Lantas bagaimana menyikapi ini semua...? Beberapa pakar SEO menyarankan sudah saatnya untuk menaikan trafik pengunjung di Web atau Blog menggunakan Media Lain semacam Twitter ,Fesbuk atau jejaring sosial disamping iklan di Google Adwords Adbrite atau iklan baris.Tentu saja terjadi pergeseran paradigma dalam cara mendapatkan visitor untuk situs yang kita bangun.
Apakah kita harus meninggalkan Teknik SEO ,jawabnya tentu saja tidak sebab Teknik ini masih sangat ampuh untuk meningkatkan Visitor Original,Sementara itu Jejaring Sosial akan Mengingatkan Follower untuk membuka blog atau situs kita sehingga Situs tersebut masih ada yang mengunjungi walau dari Follower Follower Sendiri.

Mungkin ini adalah tanggung jawab Sosial Google dimana diharapakan kita dalam membuat Situs haruslah yang Bermanfaat bermutu tinggi dan bukan sekedar Copy Paste karena kata Amit Singhal dari Google "Google akan menyeleksi konten berkualitas tinggi yang dibuat oleh situs di seluruh dunia. Karena kami memiliki tanggung jawab untuk mendukung ekosistem web yang sehat",Sebuah tanggung jawab Moral dari Google Yang luar biasa.
"Oleh karena itu, penting bagi situs berkualitas tinggi untuk dihargai dan itulah yang mengubah hali ini" imbuh Matt Cutts dalam posting di blognya.

Nah Sekarang Tinggal Pilih SEO atau SMO ....?Atau kedua duanya...? So pasti Pilihan ada di tangan Anda,untuk itu marilah kita berkarya dengan Sungguh Sungguh Bermutu Tinggi agar Karya kita dapat bermanfaat bagi Sesama.
Salam Sukses.

4 comments on Pilih SEO atau SMO (Social Media Optimization) :

Pencerah said... 9:09 AM

waduh, blog saya tidak ada yang bermutu isinya

sawali tuhusetya said... 11:24 AM

selama ini saya pakai plugin seo sekaligus memanfaatkan smo, mas.

Kaget said... 11:27 PM

Baru tau, kalo SEO yang beginian pengaruh dengan konten. Brapa banyak sih farm content di negri sendiri?

Blogger said... 2:58 AM

If you're looking for a reputable contextual ad company, I recommend you take a peek at Propeller Ads.