Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Cara Kerja Merchandiser : Take Action

Share on :
Sorry ya prend lumayan tertunda lama Posting Cara Kerja Merchandiser : Take Action maklum lagi gencar gencarnya cari duit di internet ( lihat disini)

Namun demikian hal ini ada baiknya mengingat supaya sampeyan sampeyan lebih memahami dan mampu mempersipakan diri dengan baik dengan membaca berulang ulang pengertian Merchandiser dan Persiapan yang musti dilakukan.Ok gue anggap lu lu udah pada ngerti Pengertian dan Persiapan menjadi seorang Merchandiser nah berikut langkah langkah Take Actionnya.Persiapkan dirimu untuk tidak terlalu capek dengan malam hari istirahat yang cukup dan jangan terlalu banyak nonton tipi apalagi nonton pideo porno.

Langkah 1 :
Semua perlengkapan baik alat Administratif maupun perangkat keras musti sudah komplit di dalam Tas Kerja,Check satu persatu.
Kemudian lihat jadwal kerja kamu hari ini ( Itenerary) apa ada yang perlu dirubah atau sudah pas selanjutnya adalah tancap Gas ke Toko/Outlet pertama.

Langkah 2 :
Sesampai di depan Toko tolong rapikan dulu penampilannmu dengan menyisir rambut yang morat marit kena angin,menghapus keringat di wajah ( Supaya tidak nglengo/Berminyak) dan masuk ke Toko dengan mengucapkan Salam :
- Pagi Bos,Pagi Dik,Pagi Mbak atau….apa sajalah yang penting salam.
Lanjutkan dengan mengutarakan maksud kedatangannmu :
A. Bila kamu sudah akrab dengan Outlet tersebut :
- Bos ,Mbak…….Atau Pak ….Saya mau ngecheck produk bla bla bla..udah ED atau belum
B. Bila kamu belum akrab atau Toko itu baru kamu temukan : Lakukan detailing
- Pak kami dari….
- Di toko bapak untuk produk X semacam ini udah banyak yang nyari ya Pak.
- Kebetulan Pak kami dari Produk X
- Produk kami ini memiliki kelebihan bla bla bla. ( Keluarkan Brosur)
- Jadi supaya pembeli nanti enggak kecewa …bisa ya Pak Saya kirim sedikit dulu (keluarkan nota pembelian)
- Pak minta capnya supaya nanti kantor dapat segera mengirim.
- Terimakasih ya Pak.
Langkah 3 :
Baik Toko yang sudah ada produknya kamu ataupun belum maka kewajiban Merchandiser selanjutnya adalah melakukan Merchandising untuk itu maka kamu musti ijin dengan cara detailing :
Pak …Maaf kalau saya mengganggu nih…aku tak masang Banner ( dan atau Flagchain,Sticker,Acrylic dispenser dsb) supaya produk ini menonjol di Toko Bapak ya.
Bila ada program dari kantor misalnya program bonus maka tolong sampaikan juga.Saat melakukan Merchandising jangan lupa mencatat Stok produk sampeyan dan mencatat aktifitas competitor.
Tolong usahakan secepat mungkin Anda melakukan Merchandising ini supaya tidak kelihatan mengganggu dan supaya jangan sampai pemilik/Penjaga Toko tersebut berubah pikiran atau minta Bonus yang kelewatan.
Kalau sudah selesai maka secepatnya minta pamit dan jangan lupa mengucapkan terimakasih.

Sebelum pamitan ada baiknya sampeyan melakukan presentasi Produck Knowlede dengan cara singkat dan cepat .
-Pak tolong nanti kalau ada yang minta Produk X kasih yang ini ya….soalnya produk ini manfaatnya (dan atau harganya) adalah…..bagus banget khan….?.Makasih banget lho saya dibantu.
-Terus program ini (bila ada program) …ikut ya Pak…..ini saya daftarkan sekalian (keluarkan Handbook)
- Ok Makasih ya Pak…saya pamitan dulu.Kemudian tancap Gas ke Outlet/Toko lainnya.

Langkah 4 :

Setelah selesai kunjungan ke toko toko sesuai jadwal anda hari ini maka langkah selanjutnya adalah Admistrasi :

Rekap surat pesanan di Laporan Aktifitas Harian jangan katrok atau ndeso ya…sekarang jamannya pakai computer …jadi rekap yang masih pakai kertas maka itu termasuk Jadul alias wagu.Lha gimana enggak wagu ..udah tulisannya jelek ngitungnya lama lagi …habis itu cara ngitung pakai kalkulator grathul grathul….wis jan nyebahi tenan.

Isi kartu pelanggan dengan benar dari Stok yang ada, jumlah pembelian serta kalau ada aktifitas dari kamunya dan juga competitor.

Bila kamu pandai sebenarnya cukup dengan mengisi Laporan Penjualan Harian dan Kartu Pelanggan dengan benar maka Analisis penjualan akan kamu dapatkan …namun sekali lagi bila kamu mudheng cara menggunakan dan memanfaatkan Komputer.Kalau kamu termasuk orang Gaptek dan Jadul maka ya terpaksa kamu musti nulis/ngisi data di Analisis Penjualan.

Selesai itu maka serahkan Surat Pesanan dan Seluruh Laporan Kamu ke Atasan kamu agar di tanda tangani serta di beri komentar.Mudah khan jadi Merchandiser …itu teorinya….Prakteknya kalau kamu orang yang berkatagori Wegahan atau pemalas…mendhing enggak usah daripada kamu sering di marahi atasan atau di olok olok teman kerjamu.Namun kalau kamu termasuk orang dengan katagori berkinerja tinggi maka Merchandiser adalah tempat yang tepat mengingat didalam Jobdisc.Merchandiser tercakup Marketing dan Selling…dua hal yang akan mengantar kamu ke jenjang lebih tingi dengan cara yang cepat.Akhirnya selamat berkarya dan sukses buat Anda.

1 comments:

R. Indra Kusuma Sejati said... 5:17 AM

Hadir untuk menyapa dan memberitahuakan bahwa anda telah mendapatkan Award dan silahkan datang untuk mengambilnya di :
http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/07/pelet-ontel-kang-batavusqu.html

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog