Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Etos Kerja Fighting Spirit dan Perilaku Sebuah Team Tercermin Dari Etos Kerja Fighting Spirit dan Perilaku Atasannya

Share on :



Beberapa waktu yang lampau saya pernah memposting mengenai Strategi memenangkan persaingan dalam kompetisi yang ketat disitu diceritakan kehebatan Jendral Jerman dalam perang dunia kedua yang di juluki Si Rubah Gurun yaitu Jendral Erwin Rommel Sang Komandan Korps Afrika.

Kita coba menganalisa dan merenungkan kembali apa yang terjadi secara fakta dan apa yang dimiliki oleh seorang Erwin Rommel sehingga baik kawan maupun lawan sangat segan dengan beliau.
Ada 6 hal yang menjadi kunci strategi dari beliau yaitu :
1.Penghargaan waktu.
2.Pendelegasian yang tepat.
3.Hadir ditengah tengah anak buah baik yang membutuhkan pompa semangat ataupun
Yang tidak sehingga tahu aspek psikologis dari bawahan.
4.Belajar memahami persoalan dengan cepat.
5.Setelah paham akan situasi maka yang dilakukan adalah mengeksekusi dengan
Cepat.
6.Pantang menyerah.
Kalau boleh saya sarikan dan barangkali relevan kondisi sekarang maka Sang Jendral ini memiliki 3 unsur penting dalam kepimpinan yaitu :
1.Beliau memiliki pandangan,cara berfikir,analisa yang kuat dan akurat yang saya sebut dengan ENVISION sehingga mampu memberikan visi atau pandangan atau arahan yang sangat kuat ke Anak buahnya.
2.Beliau memiliki kemampuan untuk membangkitkan,mengaktifkan,memotivasi semangat anak buah yang kendor untuk kembali bersemangat tampil di medan perang dengan keberanian yang luar biasa dan penuh perhitungan yang matang yang kita sebut dengan ENABLE.
3.Beliau mampu memberikan serta menyediakan kebutuhan untuk bawahannya dari kebutuhan yang bersifat fisik moril dan materiil bahkan sampai hal hal sepele semisal memberikan penghargaan ke prajurit yang paling bawah bila berprestasi sehingga Energi dari setiap anggota pasukannya terjaga dengan baik,yang untuk itu saya sebut dengan ENERGIZE.

Andaikata Jendral Erwin Rommel tidak memiliki 3 unsur penting dalam kepemimpinan yaitu ENVISION,ENABLE dan ENERGIZE saya yakin ketika akan melakukan perebutan ke kota Tobruk yang akhirnya tunduk pada tanggal 20 Juni 1942 tidak akan terjadi, mengapa demikian ..?Tobruk adalah kota pelabuhan penting yang terletak di tepi Laut Tengah yang masuk wilayah Libya sekarang dan dijaga sangat kuat oleh pasukan pasukan sekutu yang di motori Inggris.Hitungan diatas kertas, Sekutu memiliki modal kekuatan yang lebih besar dibanding penyerbunya Statistik sebelum penyerbuan menunjukkan bahwa pasukan sekutu unggul dalam jumlah kendaraan lapis baja dengan perbandingan 850 lapis baja milik sekutu berbanding 560 milik Jerman dan Italia.

Dari sini kita bisa belajar bahwa kemenangan Jerman atas Sekutu di Tobruk bukan kebetulan semata namun oleh karena kepiawaian strategi serta perilaku komandannya,dan dengan demikan bisa di ambil kesimpulan bahwa semangat etos kerja fighting spirit dan perilaku sebuah team tercemin dari etos kerja fighting spirit dan perilaku atasannya.

Bagaimana pendapat Anda....?

0 comments on Etos Kerja Fighting Spirit dan Perilaku Sebuah Team Tercermin Dari Etos Kerja Fighting Spirit dan Perilaku Atasannya :