Mari Budayakan Kinerja Tinggi

Silakan Cari Tiket Hotel Kereta Pesawat Event Yang Resmi Di Sini Kerjasama dengan www.tiket.com

Apa Itu Google Penguin

Share on :

Tanggal 24 April 2012 Google meluncurkan algorithma pencarian terbaru setelah sebelumnya sukses meluncurkan Google Panda pada tahun 2011.
Jikalau Google Panda lebih berkutat pada pencarian Web atau Blog berkwalitas/Bermutu tinggi maka Google Penguin lebih di titikberatkan pada Web atau Blog yang mengandung Spam.
Dengan demikian jika anda memiliki blog atau web yang mengandung Spam maka dengan sendirinya akan di berangus oleh Google Penguin ini.

Google Penguin
sebenarnya merupakan nama lain dari update algoritma webspam,praktik webspam adalah keyword stuffing, link scheme, dan cloaking. Praktik blackhat ini sendiri sebenarnya sudah ada dari dulu dan Google pun sudah menghukum situs-situs yang melakukan praktik tersebut, namun dipercaya update Google Penguin dapat lebih baik lagi mendeteksinya.

Namun demikian anda jangan takut karena dalam akun twitternya Matt Cutts berkicau :“If you know a site affected by algo update that you don’t think should be affected, we made a form to provide feedback: http://goo.gl/nt3Pz
Jadi anda bisa memberi masukan ketika Blog anda terkena imbasnya,form yang diberikan menyebutkan : “If your site was affected by the “Penguin” webspam algorithm update on April 24th, 2012, and you don’t think it should have been affected, please give us more details below.”

Engineer google akhirnya membocorkan bagaimana cara agar situs anda bersahabat dengan penguin:
  1. Hindari teks dan link tersembunyi
  2. Jangan menggunakan redirect tersembunyi
  3. Jangan menggunakan pencarian otomatis ke google
  4. Jangan tampilkan halaman dengan kata kunci yang tidak relevan
  5. Jangan membuat banyak halaman, sub domain, dan domain dengan konten yang di duplikasi
  6. Jangan membuat halaman dengan script yang membahayakan (phising, Trojan, badware)
  7. Hindari penggunaan halaman yang di khususkan untuk bot google atau menaruh cookie untuk program affiliasi dengan konten yang buruk
  8. Jika anda mengikuti program afiliasi, pastikan situs anda memberikan nilai lebih dengan isi yang unik dan relevan.

Selain 8 poin yang ditekankan diatas, masih ada 4 poin mendasar yang diberikan google:

  1. Buatlah halman untuk pengunjung, jangan untuk mesin pencari.
  2. Jangan gunakan trik untuk menaikkan rangking situs
  3. Jangan berpartisipasi pada skema link yang didesain untuk menaikkan rangking atau PageRank. Jauhi halaman yang jelas digunakan untuk spam.
  4. Jangan gunakan program komputer untuk check rangking dan membuat halaman di web. Program tersebut membuang resource google dan melanggar TOS (Term of Service / Ketentuan layanan google)

2 comments on Apa Itu Google Penguin :

tips cinta said... 5:36 PM

emang kita harus hati hati mas... dalam menulis artikel jangan sampe over optimasi yang bisa mengacaukan masa depan.. hehee

Blogger said... 4:39 AM

Did you know that you can shorten your links with LinkShrink and receive $$$ from every visit to your shortened urls.